Kamis, 08 Desember 2011

HARI HARI SIBUK SEORANG GURU

Guru...
pasti saat-saat ini adalah saat yang paling sibuk ya....
menyiapkan segala uborampe untuk diolah menjadi sebuah penilaian
penilaian yang dilaksanakan tidak hanya sesaat, tetapi melalui perjalanan yang panjang.

padahal yang namanya anak usia dini selalu berkembang, hari ini dan kemarin selalu ada perubahan. kadang lebih baik atau terkadang berubah tiba-tiba, tetapi yang jelas anak selalu aktif dan ceria.

membuat penilaian di pendidikan anak usia dini lebih rumit dan unik, rumitnya karena pelaksanaannya dilaksanakan, mulai hari pertama anak memasuki kelas kita, uniknya karena setiap anak berbeda-beda, jadi standar yang digunakan tidak boleh diukur mati berupa angka-angka.

penilaian saat ini akan berbeda dengan penilaian esok hari, dan setiap anak adalah cerdas. pada anak usia dini orangtua lebih perfect, apa yang kita tulis dalam penilaian akan diperhatikan betul-betul. dan biasanya lebih sensitif apabila ada kata-kata yang sedikit negatif terhadap anak-anak.

mengolah kata untuk penilaian juga seni tersendiri bagi guru anak usia dini. ibarat seorang penyair kata-kata yang diolah harus tepat dan indah. tepat agar rangkaian kalimat menyasar kepada orangtua dan indah agar enak dibaca.

tapi kadang ada yang dilupakan seorang guru anak usia dini, kelihatannya sepele sekali,namun menurut saya mengganggu. saya pernah melihat buku penilaian seorang anak usia dini dengan tulisan bak cakar ayam.....sebenarnya rangkaian kkalimat yang ditulis indah dan penuh motivasi.

hal itu seakan pudar atau tidak nyaman ketika tulisannya tidak jelas dibaca, atau tulisannya bentuknya terlihat indah tetapi tidak sesuai dengan EYD, atau ada juga yang tulisannya bagus, kalimat yang teruari juga indah hanya sayang terlalu banyak tipe exnya.

untuk itu mari perbaiki dari sekarang, jangan sampai sesuatu yang kita berikan ternodai hanya karena hal yang sepele. ok deh selamat bersibuk ria dan selamat hari guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar