Selasa, 20 Desember 2011

Kompetensi yang harus dimiliki Kepala RA

Didalam permendiknas no 13 tahun 27 disebutkan ada 5 kompetensi kepala madrasah yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirusahaan, supervisi dan sosial.

·         Kompetensi Kepribadian meliputi
1.         berakhlak mulia mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, menjadi teladan akhlak
2.         memiliki integritas kepribadian sebagi seorang pemimpin
3.   memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan diri sebagai kepala sekolah
a.               mengidentifikasi karakstik kepala RA tangguh
b.              mengembangkan kemampuan diri pada dimensi tugasnya
c.               mengembangkan dirinya pada dimensi proses (pengambilan keputusan, pengkoordinasian/penyerasian, pemberdayaan, pemograman, pengevaluasian dsb.)
d.              mengembangkan dirinya pada dimensi lingkungan (waktu, tempat, sumberdaya dan kelompok kepentingan)
e.               mengembangkan ketrampilan personal yang meliputi organisas diri, hubungan antarmanusia, pembawaan diri, pemecahan masalah, gaya bicara dan gaya menulis.
4.          bersikap terbuka dalam melaksankan tugas pokok dan fungsi
5.          mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan pekerjaan sekolah
6.          memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin.
7.          memiliki landasan dan wawasan pendidikan
a.   memahami landasan pendidikan, filosofi, disiplin ilmu (ekonomi,  psikologi, sosiologi,budaya, politik) dan ilmiah
·         memahami dan menghayati hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat pendidikan, hakekat RA, hakekat guru, hakekat peserta didik dan hakekat belajar mengajar.
·         Memahami aliran-aliran pendidikan
·         Menerapkan pendekatan sistem dalam RA
·         Memahami, menghayati dan melaksanakan tujuan dan fungsi pendidikan nasional
·         Memahami kebijakan, perncanaan dan program pendidikan nasional, propinsi dan kabupaten/kota
·         Memahami kebijakan perencanaan dan program pendidikan di RA

·         Kompetensi Manajerial
1.      Memahami RA sebagai sistem
a . menggunakan sistem sebagai pegangan cara berpikir, cara mengelola dan cara menganalisa RA
b.      mengidentifikasi dan mengembangkan jenis-jenis input RA
c.       mengembangkan proses RA (proses belajar mengajar, pengkoordinasian, pengambilan keutusan, pemberdayaan, pemotivasian, pemantauan, pensupervisian, pengevaluasian dan pengakreitasian)
d.      meningkatkan output (kualitas, produktivitas, efisiensi, efektivitas dan inovasi)
e.       memahami dan menghayati Standar Pelayana Minimal dan melaksanakannya secara tepat.
2.  Memahami Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
a.       memahai dan menghayati hakikat otonomi pendidikan
b.      memahami dan menghayati kahikat pendidikan berbasis masyarakat
c.       memahami dan menghayati arti, tujuan dan kerakteristik manajemen erbasis RA
d.      memahami kewenangan RA dalam kerangka otonomi pendidikan
e.       memahami, menghayati dan melaksanakan implementasi manajemen berbasis RA
f.       mengevaluasi tingkat keberhasilan manajemen berbasis RA
3.      Merencanakan Pengembangan RA
a.       mengidentifikasi dan menyusun profil RA
b.      mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran RA
c.       mengidentifikasi fungsi-fungsi (komponen-komponen) RA yang diperlukan untuk mencapai setiap sasaran RA
d.      melakukan analisa SWOT terhadap setiap fungsi dan faktor-faktornya
e.       mengidentifikasi dan memilih alternatif-alternatif pemecahan setiap persoalan
f.       menyusun rencana pengembangan RA
g.      menyusun program yaitu mengalokasikan sumberdaya RA untuk merealisasikan rencana pengembangan RA
h.      menyusun langkah-langkah untuk merealisasikan rencana pengembangan RA
i.        membuat target pencapaian hasil untuk setiap program sesuai dengan waktu yang ditentukan
4.          Mengelola kurikulum
a.       memfasilitasi RA untuk membentuk dan memberdayakan tim pengembang kurikulum
b.      memberdayakan tenaga kependidikan RA agar mampu menyediakan dokumen-dokumen kurikulum
c.       memfasilitasi guru untuk mengembangkan standar kompetensi, menyusun silabus dan memilih busu sumber yang akan digunakan
d.      mengarahkan tenaga kependidikan untuk menyusun rencana dan program pelaksanaan kurikulum
e.       membimbing guru dalam mengembangkan dan memperbaiki proses belajar mengajar
f.       mengarahkan tim pengembang kurikulum untuk mengupayakan kesesuaian kurikulum dengan kemajuan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan peserta didik
g.      menggali dan memobilsasi sumberdaya pendidikan
h.      mengidentifikasi kebutuhan bagi pengembangan kurikulum lokal
i.        mengevaluasi pelaksanaan kurikulum
5.      Mengelola Tenaga Kependidikan
a.       mengidenifikasi karakteristik tenaga kependidikan yang efektif
b.      merencanakan tenaga kependidikan  di RA
c.       merekrut, menyeleksi, menempatkan da mengoreintasikan tenaga kependidikan baru
d.      mengembangkan profesionalisme tenaga kependidikan
e.       memanfaatkan dan memelihara tenaga kependidikan
f.       menilai kinerja tenaga kependidikan
g.      mengembangkan sistem pengupahan, reward dan punishment yang mampu menjamin kepastian dan keadilan
h.      melaksanakan dan mengembangkan sistem pembinaan karir
i.        memotivasi tenaga kependidikan
j.        membina hubungan kerja yang harmonis
k.      memelihara dokumentasi personal RA atau mengelola administrasi personel RA
l.        mengelola konflik
m.    melakukan analisa jabatan dan menyusun uraian jabatan tenaga kependidikan
n.      memiliki apresiasi, empati dan simpati terhadap tenaga kependidikan
6.      mengelola sarana dan prasaran
a.       megupayakan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana RA
b.      mengelola program perawatan prefentif, pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana
c.       mengidentifikasi spesifikasi sarana dan prasarana RA
d.      menrencanakan kebutuhan sarana dan prasarana RA
e.       mengelola pembelian/mengadaan sarana dan prasarana serta asuransinya
f.       mengelola administrasi sarana dan prasarana RA
g.      memonitor dan mengevaluasi sarana dan prasarana RA
7.      mengelola kesiswaaan
a.       mengelola penerimaan siswa baru
b.      mengelola pengembangan bakat, minat, kreativitas dan kemampuan siswa
c.       mengelola sistem bimbingan dan konseling yang sistematis
d.      memelihara disiplin siswa
e.       menyusun tata tertib  RA
f.       mengupayakan kesiapan belajar siswa
g.      mengelola sistem pelaporan perkembangan siswa
h.      memberikan layanan penempatan siswa dan mengkoordinasikan studi tindak lanjut.
8.      Mengelola keuangan
a.       menyiapkan anggaran pendapatan dan belanja RA yang berorientasi pada program pengembangan RA secara transparan
b.      menggali sumber dari pemerintash, masyarakat, orangtua siswa dan sumbangan lain yang tidak mengikat
c.       mengembangkan kegiatan RA yang berorientasi pada income generating aktivities
d.      mengelola akuntansi keuangan RA
e.       membuat aplikasi dan proposal untuk mendapatkan dana dari penyandang dana
f.       melaksanakan sistem pelaporan pengunaan keuangan.
9.   mengelola kelembagaan
a.       Menyusun sistem adminiatrasi RA
b.      Mengembangkan kebijakan operasiosiitan dengan kualifinal RA
c.       Mengembangkan pengaturan RA yang berkaitan dengan kualifikasi, spesifikasi, prosedur kerja, pedoman kerja, petunjuk kerja dsb
d.      Melakukan analisis kelembagaan untuk menghasilkan struktur organisasi yang efisien dan efektif
e.       Mengembangkan unit-unit organisasi RA atas dasar fungsi
10. mengelola sistem informasi RA
a.       Mengembangkan prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi, serta sistem pelaporan
b.      Mengembangkan pangkalan data data RA (data kesiswaan, keuangan,ketenagaan, fasilitas dsb)
c.       Mengelola pangkalan data untuk merencanakan program pengembangan RA
d.      Menyiapkan pelaporan secara sistematis, ralistis dan logis
11.      Memimpin RA
a.       memahami teori-teori kepemimpinan
b.      memilih strategi yang tepat untuk mencapai visi-misi,tujuan dan sasaran RA
c.       memiliki power dan kesan positif untuk mempengaruhi bawahan dan orang lain
d.      memiliki kemampuan (intelektual dan kalbu) sebagai smart school principal agar mampu memobilisasi sumberdaya yang ada di lingkunganya.
e.       Mengambil keputusan secara terampil
f.       Mendorong inovasi RA
g.      Berkomunikasi secara lancar
h.      Menggalang teamwork yag kompak, cerdas dan dinamis.
i.        Mendorong kegiatan yang bersifat kreatif  dan menciptakan Ra sebagi organisasi belajar serta mengelola waktu hari-hari libur.
12.   mengelola waktu
mengelola waktu belajar,bimbingan dan konseling, penilaian,ekstra kulikuler,rekreasi dan hari-hari besar/libur.
13.  menyusun dan melaksanakan regulasi RA
a.       merumuskan regulasi RA berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
b.      melaksaakan regulasi RA secara tepat da mendorong penegakan hukum
c.       menjamin adanya kepastian dan keadilan untuk memperoleh layanan pendidikan bagi warga RA
d.      menjamin pemerataan dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
14.  Memberdayakan sumberdaya RA
a.   mengidentifikasi potesi-potensi sumberdaya RA yang dapat dikembangkan
b.  memahami tujuan pemberdayaan sumberdaya
c.   mengemukakan karakteristik,contoh, yang dapat membuat  RA berdaya
d.  merencanakan cara-cara, melaksanakan dan menilai tingkat keberdayaan RA
15.  Melakukan koordinasi/penyerasian
a.   mengkoordinasikan/menyerasikan sumberdaya RA dengan tujuan RA
b.  menyiapkan input manajemen untuk mengelola sumberdaya
c.   mengintegrasikan permasalahan dan menyinkronkan ketatalaksanaan program
d.  menyusun mekanisme koordinasi antar unit-unit orgaisasi RA
16.      mengambil keputusan secara terampil
a.   Menjaring informasi berkualitas sebgai bahan untuk mengambil keutusan
b.  Mengambil keputusan secara terampil (cept,tepat,cekat)
c.   Memperhitungkan akibat pengambilan keputusan dengan penuh perhitungan
d.  Menggunakan sistem informasi RA sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

·         Kompetensi Kewirausahaan
1.  mengembangkan budaya RA
a.       mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kehidupan RA yang demokratis
b.      membentuk budaya kerja yang kuat dan menumbuhkan budaya profesionalisme warga RA
c.       menciptakan iklim RA yang kondusif-akademidaya dalam kehidupan RA
d.      mengembangkan budaya kewirausahaan RA
e.       menumbuhkembangkan keragamaan budaya dalam kehidupan RA
f.       mengembangkan budaya kewiraushaan RA
2.  Memiliki dan melaksanakan kreatifitas, inovasi dan jiwa kewirausahaan
a.       Memehami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) RA
b.      Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan RA
c.       Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi
d.      Mendorong warga RA untuk melakukan eksperimentasi prakarsa/keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru
e.       Menghargai hasil-hasil kreativitas warga madrasah dengan memberikan reward
f.       Menumbuhkan jiwa kewirausahan warga RA
·         Kompetensi Supervisi
1.  Melakukan monitoring dan evaluasi
a.           memahami dan menghayati arti, tujuan dan tehnik monitoring dan evaluasi
b.          mengebangkan sistem monitoring dan evaluasi RA
c.           mengindentifikasi indikator-indikator madrasah yang efektif dan menyusun instrumen
d.          menggunakan tehnik-tehnik monitoring dan evaluasi
e.           menyosialisasikan dan mengarahkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi
f.           menganalisis data monitoring dan evaluasi
g.          memiliki komitmen kuat untuk mempeRA berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.
2.  Melaksanakan Supervisi
a.           memhami da menghayati arti, tujuan dan tehnik supervisi
b.          menyusun program,melaksanakan, memanfaatkan hasil-hasil  supervisi
c.           melaksanakan umpan balik dari supervisi
3.  Menyiapkan, Melaksanakan dan Menindaklanjuti hasil akreditasi
a.           memahami dan mensosialisasikan aspek-asek yang diakreditasi
b.          melakukan mengevaluasi diri
c.           menfasilitasi pelaksanaan akredititasi
d.          menindaklanjuti hasil akreditasi untuk meningkatkan mutu RA
4.  Membuat laporan akuntabilitas RA
a.           menyebutkan dan memahami konsep-konsep laporan
b.          membuat laporan akuntabilitas kinerja RA
c.           mempertanggungjawabkan hasil kerja RA kepada stakeholder
d.          membuat keputusan secara cepat,tepat dan cekat berdasarkan hasil pertanggungjawaban
e.           memperbaiki perencanaan RA untuk jangka pendek, menengah dan panjang
·         Kompetensi sosial
Mengelola hubungan RA-masyarakat
a.               memfasilitasi dan memberdayakan komite sebagai perwujudan pelibatan masyarakat terhadap pengembangan RA
b.              mencari dan mengelola dukungan dari masyarakat (dana, pemikiran, moral dan tenaga) bagi pengembangan RA
c.               menyusun rencana dan program pelibatan orangtua siswa dan masyarakat
d.              mempromosikan RA kepada masyarakat
e.               membina kerjsama denga pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat
f.               membina hubungan yang harmonis dengan orangtua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar